Selesaikan Pekerjaan Lebih Cepat, Inilah Cara Mengatur Waktu Sehari-hari

Manusia tak bisa mengulang waktu yang telah berlalu, sehingga waktu menjadi sangat berharga. Menyia-nyiakan waktu tentunya bisa sangat merugikan. Dengan demikian tak heran banyak yang mencari cara mengatur waktu sehari-hari.

Cara membagi waktu yang tepat dilakukan agar tak ada waktu terbuang, sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tanpa beban. Nah, pada kesempatan kali ini akan memberikan informasi seputar memanage waktu alias mengatur waktu. Langsung saja simak ulasan berikut.

Manfaat Mengatur Waktu Dengan Tepat

Mungkin Anda pernah bermalas-malasan atau tak semangat melakukan sebuah kegiatan, sehingga membuang-buang waktu berharga yang membuat pekerjaan tak kunjung selesai. Salah satu kerugian yang paling dirasakan saat membuang-buang waktu adalah membuat pekerjaan tak selesai dan malah menjadi menumpuk. Kalau sudah menumpuk, bisa membuat terburu-buru dalam mengerjakannya.

Kalau sudah terburu-buru jelas pekerjaan tidak dapat diselesaikan secara maksimal, karena tak memiliki cukup waktu untuk berpikir. Untuk itu perlu sekali mengatur jam kerja Anda, agar hal tersebut tak terjadi.

Berbagai manfaat dari mengaturnya bisa dirasakan, seperti:

Pekerjaan akan cepat selesai, memaksimalkan waktu bekerja membuat otak dapat berkonsentrasi dengan lebih tenang
Dapat menikmati waktu santai lebih lama, setelah pekerjaan selesai otomatis memiliki lebih banyak jam untuk istirahat tanpa merasa terbebani
Tidak stres, diburu waktu jelas bisa membuat otak menjadi stres karena tekanan
Lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan
Bahkan bisa lebih banyak uang yang didapatkan
Dengan berbagai manfaatnya, maka jangan lagi menyia-nyiakannya, sebab waktu tak akan kembali lagi.

Cara Mengatur Waktu Sehari-hari Untuk Selesai Pekerjaan Secara Cepat

Mengetahui berbagai manfaatnya, pastinya akan membuat Anda lebih termotivasi untuk manajemen waktu yang baik. Nah, langsung saja inilah beberapa cara mengatur waktu sehari-hari agar tak terbuang sia-sia.

1. Tentukan Skala Prioritas

Dalam kegiatan satu hari, bisa saja ada banyak sekali hal yang Anda lakukan, misal harus bekerja dari pukul sekian sampai sekian, lalu ada kegiatan lainnya di luar pekerjaan seperti harus berbelanja, atau bahkan harus pergi dengan teman-teman. Baiknya lakukan kegiatan memang menjadi prioritas atau tanggungjawab terlebih dahulu.

Misal, pekerjaan adalah menjadi prioritas tanggung jawab, maka selesaikan terlebih dahulu, jika memang masih ada waktu setelah menyelesaikan pekerjaan bisa lakukan kegiatan lainnya, seperti pergi bersama teman jika memang sudah berjanji. Dalam pekerjaan pun harus begitu, misal ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan, maka selesaikan yang memang harus diselesaikan terlebih dahulu atau yang tenggat waktunya lebih cepat.

2. Buat To do List

Mempersiapkan to do list dengan mencatatnya di papan, di buku catatan, atau di smartphone juga dapat dilakukan. Tulislah kegiatan yang harus dilakukan dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Hal ini dapat dilakukan agar Anda tak lupa jadwal. Sehingga bisa mengatur waktu yang tepat untuk menyelesaikan setiap kegiatan dilakukan.

3. Istirahat Dengan Cukup

Jika memang tak harus begadang maka tidurlah sebelum pukul 10, agar bisa tidur selama 6-8 jam per hari dan agar bisa bangun pagi. Tidur dengan cukup sangat diperlukan, sebab bisa membuat badan lebih fit dan bertenaga.

Kekurangan tidur dapat membuat merasa ngantuk di pagi hingga siang hari, hal tersebut dapat membuat diri tak produktif sehingga kegiatan tak dapat dilakukan dengan maksimal. Selain itu, dengan tidur cukup, pikiran pun akan lebih fresh membuat otak dapat berpikir maksimal.

4. Selesaikan Pekerjaan Lebih Awal

Saat bekerja di sebuah perusahaan atau mungkin saat sedang sekolah, biasanya atasan atau guru akan memberikan tugas yang harus dikerjakan sesuai deadline yang diberikan. Tak jarang ada yang deadline-nya cukup lama. Nah, baiknya manfaatkan waktu yang dimiliki sebelum deadline dengan mencicil pekerjaan tersebut.

Jangan tunggu sampai 1 hari sebelum deadline baru dikerjakan, sebab bisa saja waktu tersebut tak cukup untuk mengerjakannya. Jika sudah dikerjakan jauh-jauh hari setidaknya Anda memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan lainnya, termasuk waktu untuk menghibur diri.

5. Fokus

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah harus fokus saat mengerjakan tugas atau suatu hal. Tapi selalu ada  yang dapat mengganggu konsentrasi serta fokus, seperti smartphone.

Baiknya cari tahu yang dapat mengganggu konsentrasi serta fokus Anda, misal terganggu dengan smartphone, maka baiknya matikan smartphone terlebih dahulu sampai pekerjaan selesai. Lalu jika terganggu dengan suara bising, Anda dapat mencari tempat bekerja yang lebih tenang, atau gunakan penutup telinga untuk meredam suara bising.

6. Manfaatkan Waktu Libur Secara Maksimal

Melakukan rutinitas sehari-hari seperti bekerja, sekolah, atau mengurus rumah bisa membuat bosan dan pikiran penat. Sehingga tak saat libur tak ada salahnya memaksimalkan waktunya dengan baik.

Jangan terlalu banyak kerja, lakukan juga kegiatan menyenangkan seperti hobi dan hiburan saat libur. Kegiatan menghibur diri bisa membuat pikiran lebih fresh, sehingga lebih siap menghadapi hari esok untuk lebih produktif. Berbagai kegiatan menyenangkan saat liburan bisa dilakukan, seperti memasak, pergi keluar bersama teman, atau bahkan liburan di tempat wisata.

7. Berani Mengatakan Tidak

Sifat tidak enaknya bisa sangat mengganggu pekerjaan. Misal saat sedang bekerja, tiba-tiba ada teman yang mengajak untuk pergi ke cafe, karena tidak enak menolak Anda menyetujui hal tersebut. Padahal masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Memang tidak ada salahnya pergi ke cafe bersama teman-teman, tapi pastikan untuk pergi saat waktu luang atau setelah menyelesaikan pekerjaan. Tolakan ajakan teman yang dirasa dapat menghambat pekerjaan atau membuang waktu dengan cara yang sopan. Ini juga termasuk cara memanfaatkan waktu dengan tepat.

8. Rapi dan Terorganisir

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah rapi dan terorganisir dengan baik. Setelah selesai melakukan kegiatan, coba rapikan kembali barang-barang ke tempat semula.

Ini dilakukan agar nantinya tak kesulitan mencari barang-barang yang akan digunakan kembali. Termasuk merapikan file-file kerja di perangkat dengan rapi sesuai pengelompokan. Dengan rapi dan terorganisir maka tak butuh waktu lama mencari barang atau file yang diperlukan, sehingga mampu hemat waktu.

9. Jaga Kesehatan

Cara atur waktu agar tak berantakan adalah dengan menjaga kesehatan. Jaga kesehatan seperti dengan rajin olahraga, makan makanan sehat, kurangi kebiasaan buruk seperti merokok, dan cukup istirahat.

Badan sehat akan membuat lebih produktif dan pastinya pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan. Saat sakit membuat diri sendiri tidak bisa melakukan banyak kegiatan, dan hanya bisa berbaring di kamar.

Penutup

Waktu sangat berharga, jadi tak boleh disia-siakan, sebab bisa membuat kerugian. Aturlah waktu sebaik mungkin untuk mendapatkan manfaatnya termasuk manfaat agar tidak stres.

Cara mengatur waktu sehari-hari dapat dilakukan dengan menentukan skala prioritas, buat to do list, istirahat dengan cukup, selesaikan pekerjaan lebih awal, fokus, manfaatkan waktu libur secara maksimal, berani mengatakan tidak, rapi serta terorganisir, dan jaga kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *