Sambut Wisatawan, Satpam Borobudur Kini Berseragam Nuansa Jawa

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG — Satuan pengamanan Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kini memakai pakaian seragam bernuansa Jawa. Hal ini dilakukan untuk menyambut wisatawan pada momen libur Natal dan tahun baru 2024.

“Dalam menyambut Natal 2023 dan tahun baru 2024 petugas keamanan kita menggunakan seragam baru bernuansa Jawa,” kata General Manager Unit Borobudur Jamaludin Mawardi di Magelang, Kamis (28/12/2023).

Menurut dia Borobudur adalah destinasi budaya dan di situ kaya akan kebudayaan, dan budaya itu bisa direpresentasikan di dalam aktivitas pengelolaan operasional sehari-hari. Oleh karena itu, katanya, salah satunya bagaimana seragam anggota keamanan ini dibuat tidak terkesan sangar.

“Kita buat dengan memakai yang berbeda, bahkan penamaannya juga tidak perlu harus dengan satpam, security, tetapi kita ada istilah pamong badra,” katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya sejak tahun lalu sudah diluncurkan penggunaan pamong badra, tetapi belum familier saja. “Ini adalah penjaga keamanan dan ketertiban di Borobudur. Kita akan lakukan terus-menerus karena mungkin kita masih terbatas uniform, ini nanti pelan-pelan akan kita penuhi sehingga secara umum nanti orang melihat, security Borobudur sekarang bukan satpam lagi, namanya pamong badra,” katanya.

sumber : Antara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *