Rusia Kembali Kuasai Wilayah Ukraina

Rusia mengatakan telah merebut desa garis depan, Orlivka, di Ukraina timur.(AFP)

RUSIA mengatakan telah merebut desa garis depan, Orlivka, di Ukraina timur, pada Selasa (19/3). Daerah itu terletak sekitar empat kilometer sebelah barat kota Avdiivka, yang direbut pasukan Moskow bulan lalu yang menjadi salah satu pertempuran paling berdarah dalam perang tersebut.

Moskow telah memperoleh sejumlah kemajuan dalam beberapa bulan terakhir. Rusia menancapkan keunggulannya di medan perang ketika Kyiv berjuang mengatasi kekurangan amunisi dan pasukan.

“Di front Avdiivka, unit-unit kelompok pasukan pusat membebaskan desa Orlivka,” kata pernyataan kementerian pertahanan Rusia.

Baca juga : Partai Putin Menang Telak di 4 Wilayah Ukraina

Kabar tersebut muncul usai Kepala Pentagon Lloyd Austin menyatakan Amerika Serikat (AS) tidak akan membiarkan Ukraina kalah dari Rusia. Dia menyampaikan pesan tersebut saat menghadiri pertemuan negara-negara sekutu Kyiv di Jerman.

Janji Austin tersebut berlawanan dengan kegagalan AS menambah bantuan untuk Kyiv. Pasalnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS yang didominasi anggota dari Partai Republik telah memblokir bantuan senilai US$60 miliar untuk Ukraina.

AS telah memperingatkan paket bantuan senilai US$300 juta baru-baru ini hanya akan bertahan beberapa minggu ke depan. “AS tidak akan membiarkan Ukraina gagal,” kata Austin.

Menurut dia, AS tetap bertekad untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan Ukraina untuk melawan agresi Kremlin. Washington mengumumkan bantuan sebesar US$300 juta untuk Ukraina pekan lalu.

“Kami hanya mampu mendukung paket yang sangat dibutuhkan ini dengan mengidentifikasi beberapa penghematan kontrak yang tidak diantisipasi,” kata Austin. (France24/Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *