Plat DB Daerah Mana? Cek Informasi Kendaraan Lewat Aplikasi

Guruakuntansi.co.id – Plat DB daerah mana? Plat DB adalah salah satu kode plat nomor di Indonesia. Kode pelat punya arti dalam mengidentifikasi kendaraan bermotor.

Dilansir dari berbagai sumber, plat nomor kendaraan merupakan perangkat penting di dalam kendaraan. Pelat dipakai sebagai identitas kendaraan. Plat nomor berisi kombinasi huruf dan angka. Surat biasanya dipakai buat mengidentifikasi asal kendaraan.

Plat nomor juga menjadi bukti bahwa pemilik udah membayar pajak. Pajak kendaraan biasanya tercantum dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Plat nomor DB merupakan salah satu kode buat menunjukkan daerah asal kendaraan bermotor. Berikut ulasannya.

Kode Pelat DB Asal Daerah Mana?

Plat DB merupakan plat kendaraan yang dipakai oleh kendaraan di wilayah Sulawesi Utara (Daratan) yang meliputi Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Bolaang Mongondow dan Minahasa.

Wilayah Sulawesi Utara terbagi menjadi 2 bagian yaitu Sulawesi Utara Nusantara dan Sulawesi Utara (Daratan) yang punya kode lempeng masing-masing.

Di kawasan yang terdiri dari beberapa kota dan kabupaten yang masing-masing punya kode huruf berbeda di belakang plat nomor kendaraannya. Hal ini bertujuan buat memudahkan kita mengetahui asal usul kendaraan tersebut.

Untuk kode asal kota dan kabupaten di wilayah Sulawesi Utara (Daratan) bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContohKota BitungCDB 5432 CFKota KotamobaguKDB 5432 KLKota ManadoA/L/M/RDB 5432 APKota TomohonGDB 5432 GHKab. Bolaang MongondowDDB 5432 DSKab. Bolaang Mongondow SelatanPDB 5432 PFKab. Bolaang Mongondow TimurNDB 5432 NBKab. Bolaang Mongondow UtaraHDB 5432 HCKab. MinahasaBDB 5432 BLKab. Minahasa SelatanEDB 5432 ERKab. Minahasa TenggaraJDB 5432 JDKab. Minahasa UtaraFDB 5432 FT

Mengenal Wilayah Sulawesi Utara

Sulawesi Utara terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu bagian selatan (dataran rendah), dan dataran tinggi, serta wilayah utara (meliputi kepulauan).

Pada artikel diatas udah dijelaskan asal usul kendaraan bermotor yang memakai plat nomor DB / plat nomor kendaraan bermotor yang berasal dari dataran sulawesi utara bagian.

Menurut catatan terbaru Korlantas ERI Polri, terdapat 1.018.790 unit kendaraan bermotor di Provinsi Sulut. Data tersebut berbeda 2.994 dengan jumlah kendaraan bermotor di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurut data BPS Provinsi Sulut, sebagian besar penduduk pada tahun 2021 buat Provinsi Sulut (Plat DB) berada di Kota Manado yaitu sebanyak 453.182 jiwa. Jumlah ini sekitar 17,2% dari total penduduk Provinsi Sulawesi Utara.

Cek Informasi Kendaraan Secara Online

Untuk mengetahui informasi kendaraan secara online, kini bisa dilakukan dengan memakai Aplikasi Cek Pajak Online. Aplikasi Cek Pajak Online bakal ngasih informasi detail kendaraan berdasarkan plat nomornya.

Selain detail, informasi yang diberikan oleh aplikasi ini juga bisa dipercaya, karena Aplikasi Cek Pajak Online terhubung langsung dengan E-Samsat setiap wilayah di Indonesia. Informasi yang diberikan oleh Aplikasi Cek Pajak Online antara lain:

Identifikasi fisik kendaraan (warna, nomor rangka, nomor mesin)
Nama pemilik kendaraan
Tarif pajak kendaraan

Kalian bisa mencoba dan punya Aplikasi Cek Pajak Online ini secara gratis dengan klik tombol download dibawah ini.

Tips: Silahkan kalian download aplikasinya dengan cara login / daftar di Terabox.com!

Sekian pembahasan seputar plat DB berasal dari daerah mana serta spesifikasi terkait plat nomor kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Plat nomor lainnya:

Plat DM Daerah Mana?
Plat DL Daerah Mana?
Plat DT Daerah Mana?
Plat DN Daerah Mana?
Plat DD Daerah Mana?
Plat DC Daerah Mana?
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *