Pemkab Lamongan Fokus Tuntaskan 11 Program Pembangunan Dasar

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lamongan bertekad bakal merealisasikan 11 program prioritas yang akan difokuskan pada tahun ini. Belasan program strategis itu antara lain diantaranya kebijaksanaan dasar untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin.

Termasuk diantaranya program Jalan Mantap dan Alus (Jamula) yang sudah terealisasi hingga 76 persen. Ke-11 program prioritas Kabupaten Lamongan antara lain pendidikan berkualitas dan gratis bagi masyarakat kurang sejahtera (Perintis), Lamongan sehat, Young Entrepreneur Success (YES), serta Jalan Mantap dan Alus (Jamula).

Kemudian, Lumbung Pangan Lamongan, UMKM, Pemda dan Olahraga, Gerakan membangun pariwisata Ramah dan Terintegrasi (Rama Sinta), Yakin Semua Sejahtera (Yes), 100 Persen Pelayanan Publik Berkualitas, dan Desa Berjaya.

Baca juga: Tekan Inflasi, Pemkab Lamongan Gelar Operasi Pasar

Hal itu disampaikan Bupati Yuhronur Efendi dalam coffee morning akselerasi kinerja pembangunan tahun 2024, di Aula Gadjah Mada Pemkab Lamongan, Selasa (2/1).

Yuhronur menekankan kepada seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Lamongan harus melakukan penajaman visi Lamongan. Visi Kota Soto sendiri ialah Mewujudkan Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan.

“Penajaman visi disini harus kita lakukan agar kinerja lebih terarah, sehingga semua yang kita garap berdampak kesejahteraan bagi masyarakat Lamongan,” tegas Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Penajaman visi tersebut dapat dilakukan dengan realisasi 11 program prioritas yang masih menjadi fokus tahun ini.

“Tahun ini saya masih fokus untuk realisasi penuntasan 11 program yang saya usung bersama Pak Rouf. Seluruh OPD yang bertanggung jawab akan masing-masing program harap melakukan akselerasi pelaksanaannya,” tutur Pak Yes.

Pada program prioritas Jamula sendiri, lanjut dia, tahun lalu progres pembangunan fisik Lamongan dalam sudah mencapai 76 persen, dan ditargetkan 90 persen tuntas pada 2025Penyediaan air bersih untuk masyarakat terealisasi 54 persen.

Showroom UMKM Lamongan sebagai pendukung kenaikan perekonomian juga akan dibuka pada Februari mendatang.

Baca juga: Lamongan Gencar Laksanakan Diversifikasi Pangan

Meskipun sudah berhasil mencapai target indikator kinerja makro tahun lalu, Pak Yes meminta seluruh elemen tidak cepat puas. Diharapkan tahun ini mampu rebound dalam segala aspek.

“Mayoritas indikator kinerja makro tahun kemarin melampaui target. Seperti pada persentase penduduk miskin berhasil turun pada angka 12,42 dari semula 12,53 pada 2022. Adapun lonjakan positif pada nilai tukar petani tahun lalu yakni 116 dari angka 109,26 pada 2022, begitupun pada indikator lainnya. Prestasi tersebut selain dipertahankan juga harus ditingkatkan, maka dari itu terus lakukan inovasi, komunikasi, dan tetap berhati-hati agar mampu meningkatkan capaian untuk masyarakat,” pinta Pak Yes.

Bupati juga berharap agar semua program atau kegiatan positif yang sudah dilakukan bersifat sustainable. Seperti program Megilan Entrepreneur, showroom UMKM, kalender event, Mall Pelayanan Publik (MPP) mini, dan masih banyak lagi. (Z-6)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *