Kenali Gejala Kanker Pankreas

Mantan Menko Maritim Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1) di di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Sebelum wafat, ia diketahui menjalani perawatan di RSCM karena mengidap kanker pankreas stadium 4.

Lalu, apa itu kanker pankreas dan bagaimana mendeteksi gejalanya? Pankreas adalah organ yang terletak di belakang bagian bawah lambung dan membantu pencernaan dan juga metabolisme gula.  Kanker pankreas, suatu jenis kanker langka, biasanya dimulai pada lapisan saluran pankreas.

Jarang ada tanda-tanda awal kanker pankreas dan ketika tanda-tanda itu muncul, biasanya kanker sudah mencapai stadium lanjut.  Hal ini karena pankreas berada jauh di dalam tubuh dan tumor awal tidak dapat dideteksi selama pemeriksaan rutin.  

Merokok, diabetes, pankreatitis kronis, radang pankreas, riwayat keluarga dengan kanker pankreas, dan sindrom genetik tertentu dapat meningkatkan peluang terkena kanker pankreas.

Menurut cancer.net, penyebab kanker pankreas seringkali tidak diketahui dan seseorang dengan risiko rata-rata terkena kanker pankreas memiliki peluang sekitar 1% terkena penyakit tersebut. 

Dr.  Bir Singh Dehrawat, Direktur dan Gastroenterologi di RS Marengo QRG Faridabad, India, berbicara tentang tanda-tanda peringatan dan gejala kanker pankreas yang harus diketahui orang.

 “Tanda peringatan paling umum pada pasien kanker pankreas adalah nyeri, penyakit kuning, dan penurunan berat badan,” kata Dr Sehrawat.  Ia juga menguraikan tanda-tanda peringatan lain yang harus diwaspadai, seperti dilansir dari situs berita, Hindustan Times.

1. Sakit perut terus-menerus

Jangan mengabaikan sakit perut yang terus-menerus. Penderita kanker pankreas mengalami nyeri tumpul di perut yang meningkatkan tekanan pada organ di perut tersebut. 

Di kemudian hari, hal itu bisa menjadi lebih menyakitkan dan terasa sakit. Ini dianggap sebagai gejala kanker pankreas yang paling umum.

2. Sakit punggung

Nyeri di punggung juga umum terjadi, terutama ketika kanker tel;ah menyebar ke saraf di sekitar pankreas.   Sebaiknya konsultasikan ke dokter terutama bila hal ini sering terjadi.

3. Kulit yang gatal

Ada banyak penyebab kulit gatal dan kanker pankreas adalah salah satunya. 

Rasa gatal timbul ketika bilirubin menumpuk di kulit dan warna kulit menjadi kuning.

 4. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas

Ada berbagai alasan mengapa penurunan berat badan bisa menandakan kanker pankreas. Ketika kanker berkembang, ia memakan energi tubuh, sehingga berat badan Anda berkurang.  Karena tumor menekan perut Anda, sehingga Anda mungkin kerap merasa kenyang. 

Selain itu, ketika pankreas tidak berfungsi dengan baik, organ itu mungkin tidak mampu menghasilkan cukup cairan pencernaan yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproses nutrisi.

5. Masalah gastrointestinal

Jika Anda mengalami tinja berwarna terang, berminyak, atau encer, atau tinja berbau busuk yang terjadi tiba-tiba tanpa penyebab apapun, itu mungkin merupakan indikasi kanker pankreas. 

Masalah seperti ini muncul ketika saluran empedu tersumbat, sehingga bilirubin tidak bisa sampai ke tinja dan menyulitkan tubuh Anda mencerna lemak secara akurat.

6. Kulit dan mata menguning

Jika kulit dan mata Anda menguning, jangan pernah mengabaikannya. Kondisi seperti penyakit hati dan hepatitis dapat menyebabkan penyakit kuning. 

Hal ini mungkin juga berhubungan dengan kanker pankreas karena tumor kecil di ujung pankreas dapat menjadi penyebab penyakit kuning.

7. Urine berwarna gelap

Kebanyakan orang berasumsi urin berwarna gelap adalah tanda pertama penyakit kuning. 

Namun warna urin menjadi gelap terjadi ketika kadar bilirubin dalam darah meningkat, yang mengubah urin menjadi warna coklat.

8. Serangan diabetes yang tiba-tiba

Jika Anda tiba-tiba mengidap diabetes di usia yang lebih tua, jangan anggap enteng. 

Kanker pankreas dapat menyebabkan diabetes yang timbul secara tiba-tiba atau diabetes yang timbul lambat karena kanker ini menghancurkan sel-sel yang membuat insulin, sehingga menyebabkan kadar gula darah melonjak.

9. Penggumpalan darah

Ketika penggumpalan darah terbentuk di vena besar (trombosis vena dalam), terkadang hal ini bisa menjadi tanda pertama kanker pankreas. 

Biasanya muncul berupa kemerahan, bengkak, dan nyeri pada kaki yang terdapat bekuan darah. Darah yang menggumpal juga bisa berpindah ke paru-paru, sehingga menyebabkan sulit bernapas.

10. Sering Kelelahan

Jika Anda merasa sangat lelah tanpa alasan apa pun, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Kanker pankreas dan semua jenis kanker juga dapat membuat Anda merasa sangat lelah dan memengaruhi aktivitas sehari-hari. (M-3)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *