Gaji UMK Kabupaten Timor Tengah Selatan

Gaji UMK Kabupaten Timor Tengah Selatan 4

Bila dua tahun sebelumnya kabupaten ini tidak mengalami kenaikan upah minimum yang berarti, namun saat ini gaji UMK Kabupaten Timor Tengah Selatan 2023 telah diputuskan dengan kenaikan signifikan yakni sebesar 7,54%.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kenaikan UMK ini. Diantaranya yaitu pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi provinsi, serta beberapa variabel yang berhubungan dengan SDM. Nah, bila kalian ingin tahu selengkapnya, yuk simak rincian lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Kab. Timor Tengah Selatan

Timor Tengah Selatan adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berlokasi di Pulau Timor. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, dan  Kabupaten Timor Tengah Utara.

Kabupaten yang memiliki ibu kota dan pusat pemerintahan di Kota Soe ini memiliki luas wilayah 3.955,56 km2. Sebagian besar wilayahnya berupa wilayah perbukitan dengan luas 1929,78 km², dataran rendah seluas 235,54 km², bergelombang seluas 980,30 km², dan wilayah berombak seluas 836,21 km2.

Secara administratif, kabupaten ini memiliki 32 kecamatan, 266 desa, dan 12 kelurahan. Daerah ini juga dilalui oleh jaringan jalan negara yang menghubungkan antara Kupang, Belu, dan Timor Leste.

Pada tahun 2020 lalu, jumlah populasi kabupaten ini mencapai 469.588 jiwa dengan kepadatan kurang lebih 119 jiwa/km2. Sebagian besar masyarakatnya beragama Kristen Protestan dengan persentase 88,80%, Katolik 8,87%, Islam 2,2%, dan agama Hindu 0,05%.

Karena memiliki wilayah pantai, dataran rendah, perbukitan, hingga gunung, maka ada banyak tempat wisata menarik yang terdapat di kabupaten ini. Diantaranya ada Kampung Aman, Air erjun Oehala, Danau Fatukoto, Cagar Alam Gunung  Mutis, Pantai Nanoat, Pantai Oetuke, Pantai Oetune, Taman Bu’at, hingga Fatuulan dan Fatukopa.

Sebanyak 75% profesi masyarakat Kabupaten Timor Tengah Selatan ialah sebagai petani, dan lainnya bekerja sebagai PNS, pedagang, dan sebagainya.

Komoditas pertanian dan perkebunan utama di kabupaten ini yakni berupa Jeruk Soe dan apel. Keduanya dipasarkan hingga Jawa seperti ke Surabaya. Selain itu, ada pula komoditas unggulan seperti kayu cendana yang terkenal harum walaupun saat ini sudah mulai memasuki ambang kepunahan.

Baru-baru ini, di kabupaten ini juga dikembangkan pertambangan marmer khususnya di daerah Mollo. Terdapat juga penambangan batu warna yang terdapat di daerah Kolbano.

JenisKeteranganNama DaerahKabupaten Timor Tengah SelatanProvinsiNusa Tenggara Timur (NTT)Luas Wilayah3.955,56 km2Jumlah Penduduk469.588 jiwaKepadatan Populasi119 jiwa/km2Kecamatan32 kecamatan

Berapa Gaji UMK Kabupaten Timor Tengah Selatan 2023 Terbaru?

Sama seperti beberapa kabupaten lain di Nusa Tenggara Timur, gaji UMK Kabupaten Timor Tengah Selatan juga telah diputuskan oleh Gubernur NTT dengan kenaikan sebesar 7,54% atau setara dengan Rp 148.994.

Dalam menetapkan kenaikan UMK, pemerintah menggunakan beberapa acuan dasar. Diantaranya yakni tingkat pertumbuhan ekonomi daerah, variabel produktivitas tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi, dan nilai inflasi.

Beberapa aturan di atas telah dirangkum dalam aturan Permenaker No 18 tahun 2022 yang mengganti aturan lama yakni PP No 36 tahun 2021. Aturan terbaru tersebut memberikan nilai yang lebih seimbang antara pengusaha dan juga buruh.

Namun, dari hasil perhitungan yang ada, diketahui bahwa UMR Timor Tengah Selatan masih berada di bawah nominal UMP atau Upah Minimum Provinsi. Oleh karena itu, Bungtilu L. selaku Gubernur NTT menetapkan kenaikan UMK Timor Tengah Selatan sesuai dengan nominal UMP NTT.

Kenaikan upah minimum tahun ini menjadikan kabupaten ini memiliki gaji UMK di atas Rp 2 juta untuk yang pertama kalinya. Yakni naik dari yang awalnya Rp 1.975.000 menjadi Rp 2.123.994.

Dengan kenaikan tersebut, tentunya pemerintah berharap akan terjalin hubungan saling menguntungkan antara para buruh dan para pengusaha. Bagi buruh tentu diharapkan dapat menaikan taraf hidup mereka, bagi para pengusaha juga diuntungkan dari semangat kerja buruh yang meningkat.

Kota/KabupatenUMK 2022UMK 2023Kabupaten Timor Tengah SelatanRp 1.975.000Rp 2.123.994Nominal KenaikanRp 148.994Persentase Kenaikan7,54%

Apabila kalian berencana bekerja di wilayah ini, tentunya kenaikan nominal UMK Kabupaten Timor Tengah Selatan tahun ini dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi kalian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *