Gaji UMK Kabupaten Flores Timur

Mengutip dari data yang terdapat pada website ntt.bps.go.id, diketahui bahwa gaji UMK Kabupaten Flores Timur 2023 mengalami kenaikan hingga menjadi Rp 2.123.994 yang mana sebelumnya pada tahun 2022 berada di angka Rp 1.975.000.

Total kenaikan sebesar Rp 148.994 ini terbilang signifikan bila kita bandingkan dengan UMR Flores Timur 2022 lalu yang sempat tidak mengalami kenaikan dalam dua tahun terakhir akibat covid-19. Pemerintah tentunya berharap bahwa kenaikan ini dapat memberikan dampak positif dan kesejahteraan bagi para buruh di kabupaten ini.

Sekilas Tentang Flores Timur

Kabupaten Flores Timur adalah sebuah kabupaten yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur, Indonesia dengan memiliki ibu kota di Larantuka. Lokasinya berada di ujung timur dari Pulau Flores serta meliputi beberapa pulau lainnya seperti Pulau Solor, Pulau Adonara, serta beragam pulau kecil lain di sekitarnya.

Luas wilayahnya mencapai 1.812,58 km2 yang terbagi ke dalam 19 kecamatan, 229 desa, dan 21 kelurahan. Sebagian besar lahannya merupakan daerah dataran dan perbukitan dan pegunungan dengan rincian dataran rendah seluas 629 Ha, daerah landai seluas 19,8 Ha, lahan curam 27 hektar, daerah agak curam 728 Ha, dan lahan sangat curam 115 hektar.

Kabupaten ini juga dilalui oleh 4 gunung api aktif yakni Gunung Ileboleng, Gunung Leraboleng, Gunung Lowetobi Laki – Laki, dan Gunung Lewotobi Perempuan. Secara iklim, Flores timur memiliki iklim sabana tropis dengan musim kemarau memiliki periode yang lebih panjang dibandingkan musim hujan. Oleh karena itu, setiap tahunnya kabupaten ini terancam krisis air.

Berdasarkan data dari BPS dan Kemendagri, diketahui bahwa jumlah penduduk Kabupaten Flores Timur mencapai 283.626 jiwa pada tahun 2021. Kepadatannya sendiri mencapai 160 jiwa/km2 yang termasuk masih sangat rendah.

Suku masyarakatnya ialah Suku Lamaholot sebagai suku asli penduduk pribumi setempat. Bahasa perantara yang digunakan ialah Bahasa Lamaholot dan Bahasa Adonara yang merupakan bahasa dialek setempat. Selain suku tersebut, terdapat pula suku pendatang seperti Bugis, Buton, Makassar, hingga Tionghoa.

Bila sebagian besar agama di NTT merupakan Kristen Protestan, namun di Flores Timur didominasi oleh Kristen Katolik dengan persentase 78,14%. Diikuti oleh agama Islam 20,44%, Kristen Protestan 1,39%, dan Hindu 0,03%.

Mata pencaharian utama masyarakatnya didominasi oleh sektor pertanian dengan komoditas berupa palawija, kopi, vanili, dan kemiri. Selain itu ada pula mata pencaharian lain seperti nelayan, pedagang, wiraswasta, dan PNS.

JenisKeteranganNama DaerahKabupaten Flores TimurProvinsiNusa Tenggara Timur (NTT)Luas Wilayah1.812,58 km2Jumlah Penduduk283.626 jiwaKepadatan Populasi160 jiwa/km2Kecamatan19 kecamatan

Berapa Gaji UMK Kabupaten Flores Timur 2023?

Sesuai yang telah ditetapkan oleh Gubernur Provinsi NTT di akhir 2022 lalu, bahwa gaji UMK Kabupaten Flores Timur tahun ini secara resmi mengalami kenaikan sebesar 7,54% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam hal ini, pemerintah menggunakan acuan berupa UMP untuk menentukan UMK/UMR di masing-masing kabupaten di Provinsi NTT. Oleh karena itu, sebanyak 21 kabupaten di Nusa Tenggara  Timur memiliki jumlah kenaikan yang sama yakni dari Rp 1.975.000 menjadi Rp 2.123.994.

Hanya Kota Kupang yang memiliki kenaikan lebih tinggi dibandingkan UMP. Hal ini mengingat pertumbuhan ekonomi Kota Kupang cukup signifikan serta menjadi daerah satu-satunya di NTT yang memiliki Dewan Pengupahan sendiri.

Pemerintah dalam menetapkan kenaikan upah minimum didasarkan pada peraturan dari Kementrian Ketenagakerjaan yang tercantum dalam Permenaker No 18 tahun 2021. Kenaikan ini didasarkan pada beberapa variabel yang bisa dijadikan sebagai sarana penentu kenaikan upah minimum.

Diantaranya yaitu berupa pertumbuhan ekonomi di tahun sebelumnya dan 2 tahun sebelumnya, nilai alfa yang berupa tingkat produktivitas tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi, serta nilai inflasi provinsi.

Atas dasar itulah diputuskan kenaikan sebesar 7,54% di seluruh kabupaten yang ada di provinsi NTT. Hal ini tentunya diharapkan dapat memberikan kemajuan ekonomi bagi daerah ini baik secara langsung atau tidak langsung serta memberikan kesejahteraan bagi kaum buruh/pekerja.

Kota/KabupatenUMK 2022UMK 2023Kabupaten Flores TimurRp 1.975.000Rp 2.123.994Nominal KenaikanRp 148.994Persentase Kenaikan7,54%

Itu dia beberapa hal yang mesti kalian ketahui seputar gaji UMK Kabupaten Flores Timur 2023 terbaru, semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *