Egy Bandingkan Vietnam Era Park Hang-seo dan Troussier: Hampir Sama

Jakarta

Pemain Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri tak begitu merasakan perbedaan gaya Vietnam pada era Park Hang-seo dulu dan Philippe Troussier kini. Golden Star Warrior tetap bagus.

Egy sudah dua kali menghadapi Vietnam dalam dua ajang berbeda bersama Timnas Indonesia. Pertama pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan di Piala Asia 2023.

Pada kesempatan pertama, Egy merasakan kedahsyatan Vietnam era Park Hang-seo. Timnas Indonesia dilumat 0-4 di Stadion Venue Al Maktoum, Uni Emirat Arab, 7 Juni 2021.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan pada kesempatan kedua, Egy berkesempatan tampil melawan Vietnam lagi kala tongkat kepelatihan lawan sudah beralih ke Troussier. Kali ini Indonesia yang menang via gol semata wayang Asnawi Mangkualam lewat titik putih, di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, 19 Januari 2024.

Pada saat itu, ada yang menilai Indonesia cukup beruntung bisa mengalahkan Vietnam yang sedang dalam masa transisi sepeninggal Park Hang-seo. Tapi menurut Egy, Vietnam tetap lawan yang tangguh meski pelatihnya sudah berbeda.

“Saya rasa hampir sama saja, cuma mungkin pemainnya saja yang berbeda ya. Pemain Vietnam di Piala Asia kemarin banyak berbeda, malah hampir semuanya beda,” kata Egy di Media Day belum lama ini.

“Karena (skuadnya) lebih muda kalau tidak salah pemainnya. Katanya mereka yang main di SEA Games, kurang tahu detailnya. Tapi secara permainan hampir sama dengan timnya Park Hang-seo, karena itu sudah menjadi cara bermain mereka dan kita tahu Park Hang-seo seperti apa,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Egy tetap optimistis bahwa Indonesia punya kesempatan untuk meraih hasil positif melawan Vietnam lagi. Garuda akan menjamu Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024).

“Dari saya pribadi berharap tim akan menampilkan yang terbaik dan bisa memenangkan pertandingan lawan Vietnam nanti. Saya rasa semua pemain bakalan mempunyai target untuk bisa memenangkan pertandingan dan tampil sebaik mungkin,” ucap Egy.

Faktor hadirnya pemain-pemain keturunan baru dinilai Egy juga bisa menjadi nilai tambah buat Indonesia. Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah bisa debut pada laga nanti, sedangkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen akan diusahakan PSSI untuk bisa debut saat Indonesia gantian dijamu Vietnam pada 26 Maret.

“Ya semakin bagus untuk Timnas Indonesia, jadi level permainan kita bakalan lebih tinggi lagi,” tutur Egy.

(mro/krs) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *