Efek Liverpool Juara Carabao Cup: MU Masuk Zona UECL Liga Inggris

Jakarta

Keberhasilan Liverpool memenangi Carabao Cup turut berdampak pada status Manchester United di klasemen sementara Liga Inggris musim ini. Setan Merah kini duduk di zona UEFA Europa Conference League (UECL) untuk musim depan.

Seperti diketahui, MU tertahan di urutan enam dengan 44 poin hingga pekan ke-26 selepas tumbang 1-2 dari Fulham pada Sabtu (24/2) lalu. Dalam situasi normal, tim asuhan Erik ten Hag takkan mendapat jatah main di Eropa jika finis di posisi tersebut.

Sebab klasemen Liga Inggris hanya memberi jatah Liga Champions untuk tim yang finis empat besar dan satu jatah Liga Europa untuk tim yang finis di peringkat lima. Lalu dua tiket Eropa lainnya diberikan kepada pemenang Piala FA dan Carabao Cup.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Juara Piala FA akan lolos ke Liga Europa dan juara Carabao Cup ke Conference League. Namun jika juara dua kompetisi itu lolos ke turnamen yang lebih baik via klasemen akhir, maka jatahnya akan diserahkan ke tim dengan peringkat tertinggi namun tidak lolos ke Eropa.

Mengingat Piala FA musim ini masih bergulir, maka jatah ke Liga Europa lewat kompetisi itu masih berlaku hingga kini. Artinya jatah Liga Europa via klasemen hanya diberikan kepada peringkat lima, yang saat ini ditempati Tottenham Hotspur dengan 47 poin.

Sementara itu, jatah juara Carabao Cup ke Conference League akan dioper ke tim peringkat enam Liga Inggris karena Liverpool saat ini berada di zona Liga Champions. Dalam kondisi sekarang, MU yang berada di posisi tersebut.

Namun perjalanan masih panjang. Jika juara Piala FA adalah salah satu tim yang lolos ke Liga Champions musim depan, maka dua tiket Liga Europa diberikan kepada peringkat 5-6, sehingga jatah Conference League diberikan kepada peringkat tujuh.

Selain itu, masih ada peluang bagi Inggris untuk mengirim lima wakil ke Liga Champions, baik itu lewat posisi juara Liga Europa atau lewat peringkat lima klasemen akhir.

Untuk poin kedua, syaratnya Inggris harus masuk urutan dua besar koefisien UEFA mengacu capaian setahun terakhir. Itu akan diketahui pada akhir musim, bergantung hasil wakil-wakil mereka di kancah Eropa musim ini.

Artinya, MU pun belum tentu ke UECL. Mereka bisa mengejar peringkat lebih baik lagi, terlebih masih ada jumlah laga yang cukup untuk dimenangkan. Namun pada saat ini, setidaknya mereka sudah masuk zona Eropa.

[Gambas:Opta]

(adp/pur) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *