Dapat Nilai 11 dari Anies, Prabowo: Dari Muda Saya Sudah Pertaruhkan Nyawa Buat Negara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon presiden 02 Prabowo Subianto angkat bicara usai dikasih nilai 11 dari 100 oleh capres 01 Anies Baswedan. Mengaku tidak terlalu memilikir penilaian tersebut.  

“Kalau orang Jakarta, bahasa Betawi punya semacam bahasa sendiri. Jadi kemarin dapat penilaian dari seorang, kalian tahulah, saya dikasih penilaian 11 dari 100. Jawaban saya, jawaban anak Betawi. Emang gw pikirin,” kata Prabowo saat kampanye di Jambi, Selasa (9/1/2023). 

Prabowo menegaskan, ia dari muda sudah mempertaruhkan nyawa buat negara. Ia pergi naik gunung, turun gunung, masuk rawa demi bela merah putih. “Dikasih 11, emang gw pikirin,” kata Prabowo.   

Prabowo mengaku mendapat ajaran dari para ustaz, kiai maupun guru agar kalau dihina, diejek atau difitnah kembalikan saja ke Yang Maha Kuasa. 

“Saya percaya yang benar itu benar, yang salah itu salah, yang jahat itu jahat, saya terus di atas jalan yang benar, saya tidak ragu-ragu,” seru Prabowo yang disambut riuh para pendukungnya. 

Sebelumnya dalam debat Anies menyoroti ihwal hak atas TNI dan Polri. Menurut Anies, dari sisi kebijakan di Kemenhan, itu terbilang parah.  

“Dari sisi kebijakan, parah. Di era Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), kenaikan gaji terjadi sembilan kali, di era ini tiga kali dan akan naik nanti tahun depan karena menjelang pemilu mungkin naik gajinya. Tapi di sisi lain, kesejahteraannya tidak dipikirkan dengan serius, tukin hanya 80 persen, lihat Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, menteri-menterinya mengusahakan peningkatan tukin,” jelasnya. 

Anies juga menekankan alutsista yang berisiko pada keselamatan. Lantas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut memberikan kesimpulan pada kinerja Kemenhan yang angkanya di bawah lima.  “Menurut saya skornya di bawah lima. Kalau lima, itu ketinggian, Mas Ganjar,” ujar Anies. 

Kemudian, Ganjar mendapatkan kesempatan untuk memberikan tanggapan. Ganjar menyebut agar Anies tidak perlu takut untuk menyebutkan skor untuk kinerja Kemenhan menurutnya.  “Mas Anies jangan takut. Disebut saja angkanya berapa. Kayak saya loh,” tegas Ganjar. 

“Sebelas, Mas. Dari 100,” jawab Anies disambut riuh suara audiens di lokasi debat. Ganjar kemudian menyebut bahwa Anies berani menyebutkan skor yang cukup di luar nalar tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *