Contoh Surat Resign Kerja Resmi Yang Baik

Anda sedang mencari contoh surat resign kerja resmi namun tetap terlihat baik untuk anda ajukan kepada atasan anda, maka berikut contoh surat resign kerja resmi serta cara membuatnya, sehingga anda pun tidak perlu lagi merasa bingung bagaimana cara memulai menulis surat pengunduran diri anda.

Resign atau mengundurkan diri dari sebuah perusahaan atau instansi tentu bukan hal yang asing lagi dilakukan banyak pekerja dimana ada terdapat banyak alasan mengapa seorang pekerja ingin mengundurkan diri, seperti tidak cocok dengan lingkungan kerja, terjadi kesalahpahaman dengan atasan atau teman, mendapatkan tawaran gaji yang tinggi, faktor tempat tinggal yang jauh dan masih banyak sebagainya.

Sebagai pekerja dengan niat yang baik dan memutuskan hubungan kerja dengan sopan dengan pihak yang telah menggaji anda, maka sudah seharusnya ketika anda mengambil keputusan resign, anda harus mengajukan dengan baik pula untuk menjaga hubungan anda tetap baik dengan perusahaan. Maka dari itulah pentingnya membuat surat resign kerja resmi yang baik agar pengunduran anda diterima dengan baik pula serta diproses tanpa nantinya mengurangi hak dan kewajiban anda selama keputusan resign anda resmi dinyatakan berlaku dan anda sudah tidak tercatat bekerja di perusahaan tersebut.

Membuat surat resign tentu berbeda dengan membuat surat lainnya, dimana bayangan mungkin anda ingin menuliskan semua keluhan dan isi hati anda secara emosional mengapa anda ingin mengambil keputusan resign. Namun perlu anda ingat bahwa surat ini merupakan surat resmi dan bukanlah surat personal, jadi ada poin dan struktur yang harus anda ikuti.

Contoh Surat Resign Kerja Resmi Yang Baik 3

Format surat Resign kerja

Untuk membuat surat resign kerja yang baik dan benar, maka berikut struktur dalam surat yang harus anda sertakan sebagai berikut.

Nama kota tempat surat resign anda buat beserta dengan tanggal surat ditulis.
Identitas perusahaan, terkait nama perusahaan serta juga alamat dari perusahaannya.
Salam pembuka dengan kata-kata yang sopan.
Isi surat, yang mencakup di dalamnya tentang mengapa anda melakukan pemutusan hubungan kerja, tanggal akhir anda bekerja di perusahaan tersebut, dan ucapkan terima kasih serta permohonan maaf di dalam suratnya.
Salam penutup, juga dibuat dengan kalimat yang sopan.
Tanda tangan dan nama lengkap penulis surat.

Penting untuk mengingat struktur surat diatas agar surat resign anda dianggap resmi dan bisa diproses sesuai dengan kebijakan perusahaan atau instansi masing-masing serta undang-undang kerja di Indonesia.

Persiapan Sebelum Menulis Surat Resign

Untuk membuat surat resign yang baik juga tentunya memerlukan persiapan yang baik dimana anda tidak bisa menulis surat kapan saja anda mau, sebab hal ini menyangkut hubungan anda dengan perusahaan. Apa saja persiapan yang harus anda lakukan? Anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

Cek Kontrak Kerja

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membuat surat resign adalah melakukan cek kontrak kerja anda apabila anda diberikan kontrak kerja waktu anda bergabung, berbeda halnya ketika anda telah menjadi karyawan tetap, mungkin anda tidak akan menerima kontrak kerja.

Mengapa mengecek kontrak kerja penting? Sebab dalam kontrak kerja tersebut akan tertuang masa kerja anda berapa dan konsikuensi apa yang akan terima apabila anda berhenti ketika masa kontrak belum habis. Dengan begitu, anda pun mengetahui konsikuensi apa yang anda terima dengan membuat surat resign sehingga tidak menimbulkan perselisihan nantinya.

Mencari Waktu Yang Tepat Untuk Bisa Bertemu Atasan

Sebelum membuat surat resign resmi kepada perusahaan, maka sebaiknya anda mencari waktu tepat untuk bertemu dengan atasan untuk menjelaskan alasan anda resign dari kantor. Dan apabila alasan anda benar-benar bisa dimengerti, maka ada kemungkinan atasan anda akan membantu menemukan solusi agar anda tidak dipersulit pada saat proses resign nantinya.

Penjelasan Tentang Pekerjaan Kepada Orang yang Menggantikan

Persiapan ini merupakan bagian dari tanggung jawab kepada perusahaan untuk mencoba membantu orang yang akan menggantikan posisi anda nantinya agar bisa mengetahui apa saja pekerjaan dan tanggung jawab yang akan dijalani.

Mengembalikan Aset Perusahaan

Tidak sedikit perusahaan memberikan banyak fasilitas kepada pekerjanya, seperti laptop, hingga transportasi. Maka dari itu, memutuskan untuk mengundurkan diri anda sudah harus siap mengembalikan aset perusahaan.

Pengunduran Diri akan diproses setidaknya 30 Hari

Perlu anda ketahui, ketika anda mengajukan surat resign maka menurut peraturan ketenaga kerjaan, maka akan ada jeda 30 hari hingga anda benar-benar resmi tidak tercatat sebagai pekerja di perusahaan tersebut. Hal ini untuk membantu perusahaan agar bisa mencari pengganti anda.

Jadi selama masa jeda tersebut, anda harus tetap melaksanakan tanggung jawab anda seperti biasanya hingga nantinya pengunduran anda telah resmi dan anda sudah terhapus dari sistem kerja perusahaan.

Contoh Surat Resign Kerja Resmi

Contoh Surat Resign Kerja Perusahaan

Jakarta, 08 Januari 2023

‍Kepada

Yth. Pimpinan PT Maju Mundur

Di tempat

Berikut ini yang bertanda tangan adalah:

Nama : Elisa Putri

Alamat: Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jabatan: Staf marketing

Melalui surat ini saya ingin mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak pimpin. Alasannya karena akan pindah dan tinggal menetap di luar kota.

Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja secara profesional bersama tim marketing. Saya juga minta maaf jika selama bekerja di sini banyak melakukan kesalahan.

Demikian, surat resign ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Elisa Putri

Contoh Surat Resign yang Baik Dan Benar Di Pabrik

Jakarta, 09 Januari 2023

Yth. Pimpinan PT Jaya Selalu

Di Jakarta

Saya adalah Putri Nur, salah satu karyawan di PT Jaya Selalu. Jabatan di perusahaan ini adalah seabagi supervisor produksi. Melalui surat ini, saya ingin menginformasikan bahwa akan mengundurkan diri dari jabatan tersebut.

Alasan berhenti dari pekerjaan ini karena ingin melanjutkan studi S2 di Australia. Adapun tanggal 09 Januari 2023 merupakan hari terakhir saya bekerja di sini.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan selama 3 tahun ini menjabat sebagai supervisor produksi. Mohon maaf jika saya pernah menunjukkan performa kerja yang kurang maksimal.

Demikian, surat ini disampaikan tanpa ada paksaan dari siapa saja. Terima kasih atas perhatian dan waktunya.

Hormat saya,

Putri Nur

Contoh Surat Resign yang Baik Dan Benar serta Sederhana

Semarang, 09 Januari 2023

Yth. HRD PT Cemerlang Utama

Di tempat

Dengan hormat,

Saya Indah Purnama, staf QC Di PT Cemerlang Utama ingin menyampaikan pengunduran diri dari posisi tersebut. Alasannya adalah karena akan menikah dan suami tidak mengizinkan untuk bekerja.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih selama ini telah diizinkan untuk bekerja sebagai QC. Mohon maaf apabila ada kesalahan yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak.

Demikian, surat pengunduran diri ini disampaikan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

Indah Purnama

Demikian informasi mengenai contoh surat resign kerja resmi serta cara membuatnya semoga berguna dan bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *