Contoh Surat Permohonan Maaf Untuk Berbagai Keperluan

Apakah anda mencari contoh surat permohonan maaf untuk digunakan sebagai solusi permasalahan yang anda alami? Begini contoh, tips, serta tujuan pembuatan surat yang perlu anda ketahui.

Permintaan maaf merupakan tindakan untuk mengakui kesalahan atau bisa jadi menghindari timbulnya perselisihan yang lebih besar lagi. Maka untuk fungsi tersebut, surat permohonan maaf bisa dibuat, dimana surat ini bisa menjadi solusi dan jalan “tengah” karena adanya ketidakpuasan pihak satu dengan pihak lainnya, atau adanya ketersinggungan serta hal-hal lainnya yang membutuhkan permintaan maaf sebagai penebusnya.

Adapun surat permohonan maaf merupakan dokumen mengenai permohonaan maaf suatu pihak ke pihak lainnya, seperti antara individu, ke organisasi, instansi, dan sebagainya. Karena bentuknya sebuah surat dan bukan lisan, maka surat permintaan maaf ini bisa menjad bukti bahwa sebuah permasalahan, atau perselisihan telah selasai dengan adanya surat permohonan maaf ini.

Contohnya saja ketika anda memiliki kontrak kerjasama dengan perusahaan lain untu memasok bahan pokok kepada mereka secara rutin dan berkala, tetapi ada sebuah momen dimana bahan pokok yang anda kirimkan ternyata rusak dan tidak bisa diolah sehingga berujung complain dan keluhan kepada anda. Untuk mengatasi hal tersebut, sekaligus untuk tetap mempertahankan hubungan baik anda yang selama ini terjaga dengan perusahaan tersebut, anda bisa mengirimkan surat permohonan maaf atas nama anda pibadi maupun perusahan atas kesalahan yang tidak disengaja tersebut, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, sekaligus anda bisa mengganti bahan pokok yang rusak tadi.

Tips Membuat Surat Permohonan Maaf

Contoh Surat Permohonan Maaf Untuk Berbagai Keperluan 3

Agar surat permohonan maaf anda bisa benar-benar diterima dan dipahami oleh pihak lain, maka berikut tips cara membuat surat permohonan maaf yang bisa anda simak dibawah ini.

Langsung Akui Kesalahan dan Jangan Berbasa-basi

Awali surat anda dengan permohonan maaf, sehingga menunjukkan kerendahan hati tanpa basa-basi. Dengan begitu, si penerima akan yakin akan keinginan besar anda untuk meminta maaf.

Mengakui Dampaknya

Tuliskan bahwa anda sadar mengenai dampak atau kerugian yang dihasilkan. Dengan begitu, anda tidak bersikap ignorant dan memahami kesalahan anda di mana

Jelaskan Penebusan Kesalahan

Anda bisa menyebutkan apa langkah yang akan anda ambil terkait kesalahan tersebut. Contohnya, pergantian, memperbaiki kerusakan, membayar denda, dan sebagainya

Belajar dari Kesalahan— terakhir

Tunjukkan bahwa anda akan belajar dari kejadian tersebut dan tidak akan mengulanginya lagi di masa depan

Contoh Surat Permohonan Maaf

Contoh Surat Permohonan Maaf Resmi Perusahaan

PT. MAJU MUNDUR

“Integrated Property Services”

Jl. Kapeten Surtamin, No. 319, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Telp. 021 77712373, Fax 021 777126738

No. : B/112/BBI/02/2023

Lampiran : –

Kepada Yth.

Seluruh Tenant

Gedung Menara BBI

Jl. Kapeten Surtamin, No. 334, Jakarta

Up. : Bapak/Ibu Pimpinan

Perihal : Permohonan Maaf Gangguan Air

Dengan Hormat,

Bersama ini, kami pengelola gedung ingin menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan aliran air bersih di public area kantor Bapak/Ibu di Gedung Menara BBI. Berdasarkan informasi yang kami terima dari PT. Palyja (PAM) bahwa Instalasi Pipa Air Utama pecah pada pukul 22.00 WIB. Hal ini mengakibatkan terganggunya proses pendistribusian air bersih PT. Palyja (PAM) pada hampir seluruh wilayah di Jakarta termasuk di Gedung Menara BBI.

Sebagai informasi bahwa kami juga sudah menyalakan cadangan air bawah tanah (deep well) mulai pukul 07.45 WIB hari ini, tetapi tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih seperti biasanya.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena kejadian tersebut telah menimbulkan ketaknyamanan dan mengganggu kegiatan operasional di perusahaan Bapak/Ibu. Kami dan PT. Palyja (PAM) akan berusaha semaksimal mungkin agar gangguan ini dapat teratasi secepatnya.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian serta kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 02 Februari 2023

Budi Solihin

Manager

Tembusan:

Manager

Manager OC

Elsa Putri (PAM)

Contoh Surat Permohonan Maaf Resmi karena Kekosongan Barang

Jakarta, 02 Februari 2023

Kepada,

Yth. Manager Produksi PT. Maju Mundur

Jln. Kebayoran lama, Jakarta

Dengan hormat,

Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan Anda mengajukan pemesanan pada kami tertanggal 15Januari 2023. Semua produk yang tertera dalam formulir pemesanan telah kami antarkan sesuai petunjuk yang Anda berikan. Fotokopi rekening, kami lampirkan sebagai tanda bukti. Namun, dengan sangat menyesal, kami tidak dapat mengirimkan pesanan 10 kusen pintu kayu jati ukir karena barang tersebut baru akan tersedia bulan depan.

Kekosongan barang adalah akibat tertundanya produksi karena jenis bahan yang biasa digunakan tidak tersedia. Anda adalah pelanggan tetap kami dan telah bekerja sama cukup lama. Kami harap permasalahan kami ini dapat dimaklumi dan Anda bersedia untuk menunggu produk tersebut selama satu bulan. Salam hangat.

Hormat kami,

Esla Putri, S.T

Manager Pemasaran PT. Rumah Idaman

Lampiran: Rekening No. 1920938278xx

Demikian informasi mengenai contoh surat permohonan maaf, semoga berguna dan bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan yang anda alami.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *