Contoh Surat Lamaran Kerja via Email, Begini Cara Membuatnya

Anda ingin melamar pekerjaan via menggunakan surat eletronik yakni email, begini contoh surat lamaran kerja via email dan cara membuatnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Pada era kemajuan teknologi digital seperti saat ini, untuk melamar pekerjaan tidak harus menggunakan jasa kantor pos lagi untuk mengirimkan surat lamaran anda ke kantor perusahaan yang ingin anda lamar dimana anda bisa memanfaatkan teknologi berupa surat eletronik atau biasa akrab disebut dengan email untuk mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang anda tuju dan akan sampai hanya dalam hitungan detik. Yang anda butuhkan hanya alamat email tujuan perusahaan yang umumnya dicantumkan pada informasi lowongan kerja apabila perusahaan tersebut menerima lamaran via email.

Biasanya mengirim surat lamaran dengan email dilakukan oleh para pelamar dari luar kota yang ingin melamar ke kota yang lebih besar, atau bisa juga perusahaan tersebut hanya menerima lamaran via email agar para pelamar tidak menumpuk di kantor dan menimbulkan keramaian. Selain itu dengan lamaran via email, maka akan membuka peluang lebih besar bagi para pelamar pekerjaan yang ingin bergabung tanpa harus kekantor untuk membawa surat lamaran.

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email, Begini Cara Membuatnya 3

Cara mengirim surat lamaran kerja via email

Bagi anda yang ingin mengirim surat lamaran via email, berikut cara mengirim lamaran kerja melalui email yang benar.

Pastikan alamat email sesuai dengan nama pengirim
Berkas lamaran kerja tidak lebih dari 1 mb
Hindari mengirim berkas lamaran kerja dengan format zip atau rar
Gunakan bahasa resmi
Tulis subject pada email secara jelas
Menggunakan salam, pembuka, isi, dan penutup

Tips Surat Lamaran Kerja via Email

Walapun surat ini dikirimkan lewat email dan bukan secara fisik, tetapi surat lamaran via email memiliki fungsi yang sama maka dari itu dalam membuat surat lamaran via email tidak bisa sembarangan agar peluang anda diterima bekerja bisa lebih besar dengan surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Berikut tips cara membuat surat lamaran kerja via email yang bisa anda simak sebagai berikut.

Menggunakan Alamat Email Profesional

Sebaiknya menggunakan email yang menggunakan nama anda agar terkesan profesional dan niat. Sebagai contoh [email protected], bukannya [email protected]

Menuliskan Subject yang Sesuai

Memastikan anda menuliskan subjek sesuai dengan posisi yang anda lamar atau sesuai dengan ketentuan dari perusahaan tersebut.

Singkat, Padat, Jelas

Jangan menulis lamaran kerja yang bertele-tele dan terlalu panjang. HR hanya punya waktu sedikit untuk membacanya, jadi usahakan singkat, padat, dan jelas.

Melengkapi Semua Syarat

Setiap perusahaan memiliki syarat kelengkapan masing-masing. Mulai dari SKCK, surat referensi kerja, slip gaji terakhir, dan sebagainya.

Cek Lagi Sebelum Mengirim

Sebelum mengirim, maka sebaiknya anda benar-benar memastikan lagi surat yang anda buat untuk memastikan semuanya sudah tepat. Seperti mulai dari alamat email tujuan, isi email, lampiran, dan sebagainya.

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

To: [Email HRD perusahaan]

Cc : [Email perusahaan yang lainnya jika ada]

Subject: [Nama pelamar]-[posisi yang dilamar]

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

Nama : Budi SolihinUmur : 25 tahunJenis Kelamin : Laki-LakiPendidikan Terakhir : S1 EkonomiNo. Telepon : 08132456673894

Dengan surat lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai posisi Digital Marketing. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Digital Marketing selama 5 tahun di 2 perusahaan. Keahlian saya adalah dapat mengelola campaign iklan di Google Ads, Facebook/IG ads dan Tik Tok Ads. Selain itu saya juga memiliki beberapa sertifikasi resmi terkait digital marketing.

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

Daftar Riwayat Hidup
Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Scan Ijazah Terakhir
Scan Surat Keterangan Dokter
Pas Photo format .jpeg (1 file)
Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih.

Hormat saya,

Budi Solihin

Contoh surat lamaran kerja via email dengan bahasa Inggris

To: [Email HRD perusahaan]Cc : [Email perusahaan yang lainnya jika ada]Subject: [Nama pelamar]-[posisi yang dilamar]

Dear Human Resources team of [nama perusahaan]

My name is [nama pelamar], a professional [posisi yang dilamar]. I’ve got information that [nama perusahaan] is open hiring, and I am interested in getting an opportunity for the [posisi yang dilamar] position.

According to that, I know that the combination of my experience and motivation to [deskripsi keahlian] will make me a potential candidate for the position.

I’ve experience and skills in [pengalaman dan keahlian]. I was responsible for [bidang yang dikuasai].

[Tuliskan pengalaman kerja lain diposisi yang dilamar sebagai tambahan]

Those experiences and skills I thought could have contributed to fulfilling the jobs. With that being said, in this email I attached my curriculum vitae and portfolio.

I have a big hope that I could have a chance to interview with the [nama perusahaan] team. Thank you so much for your time and consideration.

Best regards

[Nama terang][Nomor telepon atau alamat email][Lampiran]

Demikian informasi contoh surat lamaran kerja via email beserta tipsnya, semoga berguna dan bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *