Contoh Surat Edaran, Dan Cara Membuatnya

Bagi anda yang bingung cara membuat surat edaran, maka dibawah ini anda bisa menyimak contoh surat edaran yang bisa menjadi acuan anda dalam membuatnya.

Sadar atau tidak sadar, surat edaran mungkin sering anda temukan baik itu di media offline maupun media online hingga media di televisi, dimana sesuai dengan namanya, surat ini sering “diedarkan” sebagai bentuk pengumuman atau suatu pemberitahuan, baik itu untuk keperluan internal organisasi, maupun kepentingan umum. Lalu apa itu surat edaran?

Sekedar informasi, surat edaran adalah dokumen yang berisi informasi penting yang bersifat formal, seperti pengumuman, izin, penugasan, dan kebutuhan lainnya. Adapun surat ini memiliki kemiripan dengan surat pemberitahuan, namun tetap berbeda. Perbedaan paling mencoloknya adalah surat edaran lebih sering dipakai untuk keperluan internal dan diterbitkan oleh pihak yang berkuasa di organisasi atau instansi tersebut.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 42, surat edaran merupakan surat yang berisi penjelasan atau petunjuk tentang cara pelaksanaan suatu peraturan perundang-undangan dan/atau perintah.

Sehingga peraturan yang dibuat harus ada surat edarannya, agar dapat dilaksanakan. Berdasarkan penjelasan-penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian surat edaran adalah naskah yang memuat pemberitahuan tentang hal tertentu yang dianggap penting dan mendesak.

Contoh Surat Edaran, Dan Cara Membuatnya 3

Fungsi Surat Edaran

Seperti yang kami sebutkan diatas, fungsi pada surat edaran sebagai penyambung perintah sekaligus pengantar suatu informasi yang berkaitan dengan petunjuk pelaksanaan atau petunjuk teknis. Pada pemerintahan surat edaran menjadi surat yang dapat memberi petunjuk tentang pelaksanaan atau peraturan perundang-undangan.

Sedangkan untuk perusahaan swasta, surat edaran dapat berfungsi sebagai pengumuman. Jadi singkatnya, fungsi dari surat ini adalah untuk menyampaikan pengumuman atau pemberitahuan resmi.

Jenis Surat Edaran

Adapun jenis surat edaran terbagi menjadi beberapa jenis yang bisa anda simak sebagai berikut.

Surat Edaran Organisasi: Mengandung pemberitahuan kepada seluruh anggota organisasi.
Surat Edaran Khusus: Mengandung pemberitahuan yang ditujukan untuk satu lingkungan .
Surat Edaran Umum: Beberapa surat edaran umum bersifat persuasif dengan tujuan memperkenalkan jasa perusahaan atau hasil produk dari ke masyarakat.
Surat Edaran Instansi (Sekolah, Universitas, atau Perusahaan): Mengandung pemberitahuan kepada yang bersangkutan. Keanggotaan dalam Sekolah, Universitas, dan Perusahaan cukup banyak dan belum tentu surat edaran berkaitan dengan semua anggota instansi.
Surat Edaran Pemerintah: Mengandung pemberitahuan kepada yang bersangkutan. Keanggotaan dan divisi dalam Pemerintahan cukup banyak, sehingga belum tentu surat edaran berkaitan dengan semua anggota instansi.

Struktur Surat Edaran

Sebagai surat resmi perusahaan maupun instansi, maka membuat surat edaran tidak bisa sembarangan sebab akan membawa nama instansi atau perusahaan. Simak poin penting dalam stuktur surat edaran sebagai berikut.

Kop Surat

Pada bagian atas surat ini, memuat logo dan nama instansi/lembaga/organisasi. Selain itu, terdapat juga tulisan “SURAT EDARAN”, lalu di bawahnya ada nomor surat, perihal, dan alamat tujuan.

Isi Surat

Pada bagian ini, membahas tentang pengumuman atau pemberitahuan yang ingin Anda sampaikan. Umumnya, urutannya seperti ini: pendahuluan (salam), isi pokok surat, penutup.

Kaki Surat

Dan pada bagian terakhir ini memuat mengenai nama lengkap, jabatan, stempel, dan tembusan apabila ada.

Contoh Surat Edaran

Contoh Surat Edaran Sekolah

PEMERINTAH KOTA BOGORDINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAANSMA NEGERI 1 JakartaJl. Ir. H. Juanda No.16, jakartaTelp. (021) 8321773Email : [email protected]

SURAT EDARANNomor : 100/SUR/SMP-SK/2023

Perihal : Undangan

Kepada Yth,Bapak/Ibu Orang Tua.Wali Siswa Kelas XIISMA Negeri 1 Bogordi Tempat

Dengan Hormat,Dengan surat ini, kami mendoakan semoga Bapak/Ibu sekeluarga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan-Nya. Amin.

Perlu kami beritahukan jika ujian nasional untuk kelas XII SMA Negeri 1 Bogor sudah semakin dekat, dan kita perlu menyiapkan banyak hal demi kesiapan para siswa dalam menjalani ujian tersebut. Melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid kelas XII (Dua Belas) SMA Negeri 1 Jakarta untuk berkenan hadir pada :Hari/Tanggal : Senin/12 februari 2023Waktu : Jam 09.00 – SelesaiAcara : Rapat Persiapan UN TA 2022/2023Tempat : Aula SMA Negeri 1 Jakarta

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu sekalian kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, 07 Februari 2023

Hormat Kami,Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jakarta,

Budi Solihin, M. Pd

Contoh Surat Edaran Pemberitahuan RT

RUKUN TETANGGA 05 RUKUN WARGA 01 CILENDEK TIMURKECAMATAN BOGOR BARAT KOTA BOGOR

Bogor, 10 Agustus 2022

Nomor :

Perihal : Pemberitahuan Kegiatan Lomba 17 Agustus

Lampiran : Daftar Lomba

Kepada Yth,

Bapak/IbuWarga RT05/RW 01Cilendek Timur, Bogor Barat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kegiatan Lomba 17 Agustus, yang akan kami laksanakan pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 17 Agustus 2022

Waktu : 08.00 s/d 14.00

Tempat : Gedung Pertemuan RW 1 (Blok F)

maka dengan ini kami ingin memberitahukan perihal kegiatan tersebut kepada Bapak/Ibu Warga RT05/RW 01,sekaligus untuk meminta izin perihal keamanan agar kegiatan yang akan kami laksanakan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Demikian surat pemberitahuan kegiatan ini kami beritahukan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Dudun MardudunKetua RW 01

Contoh Surat Edaran Perusahaan

PT. MAJU MUNDUR OKEJl. Sudirma No. 120, JakselTelp. 0251-12337844, Email : [email protected]Website : majumunduroker.com

SURAT EDARANNomor : 035/ST/X/23

Hal : Pemberitahuan

Kepada Yth,Seluruh Karyawan PT. Maju Jaya Sejahteradi Tempat

Dengan hormat,Sehubungan dengan adanya Peraturan Pemerintah Kota Jakarta Selatan nomor: 72/PP/X/2023 mengenai aturan dilarang merokok pada lingkungan kerja, maka dengan ini kami melarang kepada seluruh pegawai karyawan PT. Maju Mundur Oke untuk tidak merokok di lingkungan kantor kecuali pada ruangan smoking area yang telah disediakan.

Demikian surat edaran ini dibuat harap menjadi maklum dan dipatuhi demi kenyamanan bersama.

Jakarta Selatan, 11 Februari 2023

Mengetahui,Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Budi Solihin

Demikian informasi mengenai contoh surat edaran, lengkap dengan fungsi,jenis serta cara membuatnya yang bisa menjadi acuan anda mengenal surat ini lebih dalam bagi anda yang bingung mendefinisikan dan membuat surat ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *