Begini Contoh Surat Memo Perusahaan Atau Pribadi, dan Cara Membuatnya

Anda sedang mencari contoh surat memo perusahaan atau pribadi karena anda bingung bagaimana cara memulai membuatnya? berikut contoh dan panduannya yang bisa anda simak pada artikel kami kali ini.

Bagi anda pekerja kantoran atau terbiasa berurusan dengan perusahaan atau instansi, keberadaan surat memo yang memiliki kepanjangan surat memorandum ini sudah tidak asing lagi bukan? Dimana surat memo merupakan surat yang biasa digunakan dalam aktivitas di kantor.

Lalu apa itu surat memo? Sekedar informasi, surat memo merupakan nota atau surat peringatan tidak resmi, surat pernyataan dalam hubungan diplomasi, atau bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan. Selain itu surat memo juga umum digunakan oleh seorang pimpinan dan ditujukan kepada bawahannya yang mana dalam surat tersebut bisa berisi nasihat, instruksi, atau data dalam bentuk catatan yang digunakan dalam hubungan diplomatik sebagai surat pernyataan.

Jadi pada kesimpulannya adalah surat memo adalah pesan ringkas, yakni pesan yang ditulis seseorang dengan singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Umumnya surat memo ditulis pada selembar kertas kecil atau catatan tempel (sticky note) dan kemudian ditempelkan di suatu tempat yang gampang untuk dibaca.

Cara Membuat Surat Memo Perusahaan Atau Pribadi

Begini Contoh Surat Memo Perusahaan Atau Pribadi, dan Cara Membuatnya 3

Seperti yang kami sebutkan diatas, surat memo ini adalah surat yang ringkas dan padat. Jadi surat ini tidak seperti surat formal lainnya yang membutuhkan kop surat, pembukaa, isi, lampiran dan penutup. Anda cukup membuat surat ini jelas, singkat dan padat dimana tujuannya agar mudah dipahami pihak yang ditujukan memo.

Pastikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan alur memo yang jelas seperti intruksi (apabila ada), arahan, waktu dan lokasi apabila pesan menuju ke suatu tempat, dan keterangan lainnya. Pastikan semua sesuai dengan keinginan anda, agar memo tersebut benar-benar bisa diterapkan sesuai dengan tujuan anda.

Contoh Surat Memo Perusahaan Atau Pribadi

Bagi anda yang masih bingung cara membuat dan contoh surat ini, berikut contoh surat memo yang bisa menjadi referensi anda yang bisa anda simak dibawah ini.

Contoh Surat Memo Resmi

PEMERINTAH KOTA MEDANDINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANKota Medan Provinsi Sumatera UtaraJl. Pageran Diponegoro No. 123, MedanTelp. 061-123456; Fax. 061-123456

MEMO

Dari : Kepala Dinas Pendidikan & KebudayaanKepada : Kepala Bagian Keuangan

Tolong sampaikan kepada seluruh anggota Bagian Keuangan untuk mempersiapkan diri dalam rapat laporan belanja bulanan, yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 25 Maret 2020. Dan diharapkan agar semua anggota tidak ada yang absen dalam rapat laporan keuangan tersebut.

Medan, 19 Mei 2023.

Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan,

Anton Syahputra.NIP. 76756423 5232 6233.

Contoh Surat Memo Perusahaan

PT. MAJU JAYA SEJAHTERAJl. Mahameru No. 123, MedanTelp. 061-123456, Email : [email protected]Website : majujayasejahtera.com

MEMORANDUM

Dari : Direktur UtamaKepada : Kepala Departemen Personalia

Tolong segera buka lowongan perekrutan karyawan baru dengan lebih cepat dengan cara walk in interview agar lebih cepat mendapatkan karyawan baru di bidang produksi berjumlah 45 orang. Hal ini dikarenakan bulan depan akan ada banyak karyawan yang habis masa kontrak dan dibutuhkan karyawan baru untuk mengisi kekosongan posisi tersebut.

Medan, 19 Mei 2023.

Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

Contoh Surat Memo dan Nota Dinas

PEMERINTAH KOTA MEDANDINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANKota Medan Provinsi Sumatera UtaraJl. Pageran Diponegoro No. 123, MedanTelp. 061-123456; Fax. 061-123456

NOTA DINASNomor : 123/Dispen/SM/03/23

Kepada : Drs. Muhammad IlhamDari : Kepala Dinas Pendidikan & KebudayaanPerihal : Mengisi Kekosongan Jabatan Kepala Sekolah

Sehubungan dengan kekosongan Jabatan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Medan dan semakin dekatnya pelaksaaan Ujian Nasional, maka dengan ini kami menunjuk Bapak Drs. Muhammad Ilham menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah untuk waktu yang belum ditentukan. Harap perintah ini agar segera dilaksanakan dan dengan sebaik – baiknya.

Medan, 19 Mei 2023.

Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan,

Antoon Syahputra, M. Si.NIP. 23562698 6236 1236.

Contoh Surat Memo ke Manager Perusahaan

PT. Maju Bersama

JL. Bagus No. 34 Karanganyar Solo

Telpn (041) 4566793579

MEMO

Dari: Manager Pusat

Kepada: Ketua Bagian Pemasaran

Tolong saudara sampaikan kepada seluruh anggota bagian pemasaran untuk segera mempersiapkan diri menghadiri seminar. Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 di Aula PT.

Saya harap agar seluruh anggota tim pemasaran untuk hadir mengingat acara tersebut berhubungan dengan evaluasi rapat bulanan. Sekian dan terima kasih.

Solo, 19 Mei 2023

Manager Pusat

Bambang Darmawan

Demikian informasi mengenai contoh surat memo perusahaan atau pribadi. Semoga berguna dan bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *