Akreditasi Universitas Terbuka (UT) 2020/2021

Akreditasi Universitas Terbuka (UT) 2020/2021 – Saat ini banyak sekali yang melanjutkan pendidikan di tingkat lanjutnya di Universitas Terbuka. Rata-rata alasan banyak siswa siswi yang melanjutkan pendidikan di Universitas Terbuka dikarenakan dapat bekerja sekaligus mengenyam pendidikan tingkat tinggi.

Karena waktu yang diberikan untuk mengikuti perkuliahan berbeda dengan kuliah perguruan tinggi negeri lainnya. Tentunya banyak plus minus yang bisa didapatkan jika melanjutkan pendidikan tingkat tinggi di Universitas Terbuka. Semua kembali kepada pilihan Anda sendiri.

Kali ini artikel Terraveu.com akan memaparkan mengenai data akreditasi untuk program studi di Universitas Terbuka atau UT dengan berbagai jenjang atau strata tahun 2020/2021, simak ya.

Universitas Terbuka atau disebut juga dengan UT memiliki akreditasi B.

Adapun berikut ini merupakan akreditasi program studi pada Universitas Terbuka (UT) tahun 2020/2021:

Akreditasi Universitas Terbuka Strata D-II

Akreditasi program studi untuk jenjang Diploma II yaitu:

Program StudiAkreditasi atau PeringkatPerpustakaanB

Akreditasi Universitas Terbuka Strata D-III

Program studi untuk jenjang Diploma III akreditasinya antara lain yaitu:

Program StudiAkreditasi atau PeringkatPerpajakanA

Akreditasi Universitas Terbuka Strata D-IV

Jenjang Diploma IV akreditasi program studinya yaitu:

Program StudiAkreditasi atau PeringkatKearsipanABaca Juga: Akreditasi Universitas Tanjungpura (UNTAN) 2020/2021

Akreditasi Universitas Terbuka Strata S1

Data berikut ini yaitu data akreditasi untuk strata sarjana atau S1 program studi berikut ini:

Program StudiAkreditasi atau PeringkatAgribisnisBIlmu dan Teknologi PanganBAkuntansiBAkuntansi dan Keuangan PublikBEkonomi PembangunanAEkonomi SyariahBIlmu Administrasi BisnisAIlmu Administrasi NegaraAIlmu HukumAIlmu KomunikasiBIlmu PemerintahanBIlmu PerpustakaanBManajemenAPendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaBPendidikan Bahasa InggrisBPendidikan BiologiBPendidikan EkonomiBPendidikan FisikaBPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)BPendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)BPendidikan KimiaBPendidikan MatematikaBPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)BTeknologi PendidikanCSastra InggrisBBiologiBMatematikaBStatistikaBPerencanaan Wilayah dan KotaBSosiologiA

Akreditasi Universitas Terbuka Strata S2

Adapun berikut ini ialah data akreditasi untuk program studi di jenjang program pascasarjana magister atau S2 antara lain yaitu:

Program StudiAkreditasi atau PeringkatIlmu Administrasi PublikBManajemenBManajemen PerikananBPendidikan Bahasa InggrisBPendidikan DasarBPendidikan MatematikaB

Akreditasi digunakan sebagai nilai atau peringkat dari jurusan, fakultas, atau pun universitas itu sendiri. Selain memperhatikan passing grade dari program studi tersebut, hal yang diperhatikan lainnya yaitu akreditasi.

Sejarah Universitas Terbuka

Pada tanggal 4 September 1984 Universitas Terbuka dibuka berdasar atas Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia No. 41 Tahun 1984. Kualitas yang diberikan Universitas Terbuka ini pun menggunakan sistem jaminan kualitas atau SIMINTA.

Kemudian Universitas Terbuka menerapkan SIMINTAS dengan standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 sejak tahun 2006. Hal tersebut bertujuan untuk menjamin bidang Layanan Bahan Pengajaran, dan Pengembangan; Layanan Materi dan Ujian Pengajaran; Layanan Administrasi Akademik; dan Layanan Pembelajaran Jarak Jauh. Layanan tersebut dilakukan untuk semua Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) atau semua proses yang dilakukan di Universitas Terbuka dan dilaksanakan sesuai dengan standar internasional ISO 9001.

SIMINTAS di bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh merupakan pengganti dari Layanan Manajemen Akademik dan Layanan Pembelajaran Jarak Jauh yang diterapkan di Universitas Terbuka pada tahun 2013. Dua tahun setelahnya, bidang Pengembangan, Bahan Pengajaran, dan Layanan Ujian digantikan oleh SIMINTAS di bidang Manajemen Akademik pada tahun 2015.

Pengakuan yang diberikan Dewan Internasional untuk Pendidikan Jarak Jauh (ICDE) kepada Universitas Terbuka sebagai penyedia pendidikan Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) sebagai bukti kualitas Universitas Terbuka di tingkat internasional. Pada tahun 2005, 2010, dan 2015 telah dilakukan tinjauan kualitas oleh ICDE. Selain itu, Dewan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) juga mengakui kualitas akademik Universitas Terbuka.

Baca Juga:

Akreditasi Universitas Terbuka (UT) 2020/2021
Akreditasi UNTAN – Universitas Tanjungpura 2020/2021
Pengertian Diskusi
Akreditasi UNM – Universitas Negeri Makassar 20202021
Passing Grade UINSA 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Demikianlah pemaparan tentang data akreditasi program studi yang ada pada Universitas Terbuka atau UT untuk tahun 2020/2021 secara jelas. Semoga artikel tentang artikel UT ini memberikan manfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *