Ada Ekonomi Biru, Ini Program Pertahanan-Keamanan Anies & Cak Imin

Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat ketiga Pilpres 2024 esok hari, Minggu 7 Januari 2023, di Istora Senayan, Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB.

Dalam debat ketiga ini tema yang akan diangkat adalah soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Debat kali ini diikuti Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Rencananya debat berlangsung dalam durasi waktu 150 menit, di mana 120 menit untuk debat calon presiden dan 30 menit untuk jeda iklan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada debat Pilpres kali ini tentu masing-masing calon telah mempersiapkan diri dengan baik dan matang. Hal ini juga tercermin dalam buku Visi, Misi dan Program Kerja yang sudah dibagikan masing-masing pasangan calon (paslon).

Secara khusus untuk paslon nomor urut 1 Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar, tema debat Pilpres kali ini sudah tertuang dalam Misi 7 yang bertajuk ‘Memperkuat Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara, serta Meningkatkan Peran dan Kepemimpinan Indonesia dalam Kancah Politik Global untuk Mewujudkan Kepentingan Nasional dan Perdamaian Dunia’.

“Mengingat posisi Indonesia sebagai episenter kawasan Asia Tenggara, sekaligus sebagai jalur nadi ekonomi dunia dan stabilisator geopolitik regional, kami bertekad mendorong peran aktif Indonesia dalam penentuan agenda besar dunia dan umat manusia. Hal ini didasarkan pada amanat para pendiri bangsa agar Indonesia secara bebas aktif ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” dikutip dari buku Visi, Misi, dan Program Kerja paslon nomor urut 1.

“Kami akan memperkuat sistem dan strategi pertahanan negara yang adaptif terhadap dinamika global era baru yang penuh ketidakpastian, tantangan, serta ancaman konvensional dan nonkonvensional. Selain itu, kami akan memperkuat diplomasi ekonomi dan sosial-budaya agar Indonesia dapat memanfaatkan berbagai potensi global untuk mewujudkan kemajuan dan keadilan,” tambah buku itu.

Program kerja Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terkait tema debat ke-3 Pilpres 2024 di halaman selanjutnya. Langsung klik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *