37 Perusahaan Rebut Indonesia GCG Award 2023

PADA tahun ini ada 37 perusahaan yang keluar sebagai pemenang Indonesia Good Corporate Governance (GCG) Award 2023. Swa Media Group bersama kembali dengan The Indonesian Institute fot Corporate Governance (IICG) menganugerahkan penghargaan tersebut kepada perusahaan yang berhasil menunjukkan skor terbaik dalam penerapan GCG. Keduanya menggelar survei tahunan Corporate Governance Perception Index (CGPI) sebagai bahan penilaian.

Pada penyelenggaraan GCG Award ke-22 tahun ini mengangkat tema Membangun Ketangkasan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance (GCG). “Tema tersebut kami angkat karena kami menyadari ada banyak godaan ketika perusahaan ingin tangkas dalam menjalankan bisnisnya, sehingga bisa berpotensi melangkahi GCG. Ini memang bukan sesautu yang mudah tetapi sudah banyak yang berhasil, di antaranya empat perusahaan pemenang Indonesia GCG Award 2023 yang akan membagikan cerita keberhasilan mereka dalam forum ini. Kami berharap hal ini dapat terus menginspirasi perusahaan di Indonesia untuk terus menjalankan bisnis dengan bersih, etis, transparan, dan accountable,” ujar Kemal E Gani, Group Chief Editor Swa, saat membuka acara penganugerahan GCG Award 2023.

Baca juga: BI Perkirakan Ekonomi Indonesia Tumbuh Kuat di 2024

Chairman IICG Group Gendut Suprayitno menambahkan upaya ini merupakan bentuk komitmen pihaknya untuk terus mendorong perusahaan di Indonesia menjalankan bisnisnya dengan prinsip GCG yaitu bersih, transparan, beretika, dan accountable. Acara dibuka dengan sesi berbagi cerita sukses para pemenang Indonesia GCG Award 2023. Salah satunya ialah Ahmad Solichin Lutfiyanto, Direktur Kepatuhan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. 

Dalam sesinya, Ahmad Solichin mengungkapkan kunci BRI Group mengimplentasikan dan menginternalisasikan prinsip GCG ialah ada contoh dari para pemimpin di setiap lapis organisasinya. “Tantangan implementasi GCG ialah perusahaan harus bisa terus mengedukasi seluruh karyawannya mengenai cara bekerja yang bersih, beretika, dan transparan, tetapi semua itu akan lebih kuat lagi gaungnya jika ada role model yaitu para pemimpin yang menjadi contohnya, mulai dari jajaran komisaris, direksi, hingga pemimpin di level cabang dan unit. Contoh perilaku bekerja yang memegang prinsip GCG dari para pemimpin ini akan lebih besar pengaruhnya kepada seluruh karyawan dan pada akhirnya berdampak pada kinerja.”

Baca juga: Pertahankan Suku Bunga, BI Dinilai Berkomitmen pada Stabilitas Rupiah

Di antara para pemenang GCG Award 2023 ialah PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Taspen, PT Bank Mandiri Tbk, PT Patra Logistik, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Bank Syariah Indonesia, PT Angkasa Pura II, PT Mandiri Utama Finance, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra), PT Pegadaian, PT Infomedia Nusantara, PT Taspen, PT Bukit Asam Tbk, PT Permodalan Nasional Madani, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten (Bank BJB), PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT BRI Asuransi Indonesia, PT Finnet Indonesia, dan PT Asuransi BRI Life. (RO/Z-2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *