12 Rekomendasi Aplikasi Translate Inggris Indonesia

Bahasa asing saat ini memiliki peran yang cukup penting, bukan hanya untuk kalangan profesional, tapi juga untuk kalangan pelajar maupun masyarakat umum yang membutuhkannya dalam kesehariannya. Salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di Indonesia sendiri, tak lain adalah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang paling banyak digemari dan dipelajari oleh masyarakat Indonesia, sebab bahasa ini merupakan bahasa universal yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan masyarakat yang lebih luas. Selain itu, produk-produk teknologi selalu hadir dengan bahasa Inggris layaknya sebagai bahasa ibunya.

Oleh karena itu, ada begitu banyak aplikasi yang bisa diperoleh, baik melalui ponsel maupun laptop/PC, untuk membantu seseorang menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya. Berikut beberapa aplikasi translate Inggris Indonesia yang bisa Anda gunakan melalui smartphone.

Detail Ulasan Aplikasi Translate Inggris Indonesia

Bahasa adalah pondasi dalam sebuah komunikasi, hubungan, hingga peradaban. Oleh karena itu, jika ingin memperluas interaksi dan memperbesar akses mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka memahami lebih banyak bahasa adalah kuncinya.

Untuk membantu Anda memahami bahasa, terutama bahasa Inggris, berikut ada beberapa rekomendasi aplikasi translate Inggris Indonesia yang bisa diunduh di ponsel Anda.

1. Google Translate

Alternatif paling jitu yang sering digunakan banyak orang untuk menerjemahkan bahasa satu ke bahasa lainnya, yakni dengan menggunakan Google Translate. Google Translate sendiri bisa diakses langsung melalui website Google, namun juga bisa diperoleh dalam produk aplikasi di ponsel Anda.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini bahkan bisa diandalkan dalam menerjemahkan bahasa dalam berbagai format, seperti teks, foto dari kamera, gambar, hingga tulisan tangan.

Dalam mode aplikasi, Anda bisa menggunakannya bahkan dalam kondisi offline. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu menyisakan sekitar 27 MB space di penyimpanan Anda.

2. Microsoft Translator

Aplikasi translate Inggris Indonesia yang cukup banyak dibicarakan lainnya yaitu Microsoft Translator. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menerjemahkan lebih dari 70 bahasa dengan berbagai metode input, seperti melalui teks, suara, tangkapan layar, ataupun hasil potret. Berbagai metode input ini tentunya adalah sebuah kemudahan tersendiri bagi penggunanya.

3. Hi Dictionary

Hi Ditionary juga merupakan salah satu aplikasi penerjemah yang cukup diandalkan. Aplikasi berukuran sekitar 16 MB ini mengklaim saat ini sudah mampu menerjemahkan tak kurang dari 100 bahasa. Aplikasi yang dibuat oleh Fun an Hi Tool ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali di Play Store dengan rating yang cukup baik, yaitu 4,6 dari 5 bintang.

4. DeepL Translate

Jika Anda membutuhkan aplikasi penerjemah dalam ukuran yang lebih kecil lagi, DeepL Translate ini bisa diandalkan. Selain ukurannya yang hanya 11 MB saja, aplikasi translate Inggris Indonesia besutan DeepL SE ini juga mudah dioperasikan, bahkan untuk Anda yang baru pertama kali menggunakannya. Tingkat keakuratan terjemahannya juga sangat baik. Tak heran aplikasi ini diberi rating yang sangat baik di Play Store, yaitu 4,8 dari 5 bintang.

5. Day Translations

Day Translations juga bisa menjadi aplikasi yang menemanimu untuk memahami berbagai bahasa setiap harinya. Aplikasi ini bisa membantu Anda menerjemahkan bahasa dengan mudah dan instan dalam beraktivitas seharian. Anda juga bisa menghubungi penerjemah fisik langsung melalui aplikasi ini guna mendapatkan terjemahan kontekstual.

Dengan begitu, Anda bisa menjadikan Day Translations ini sebagai layaknya juru bahasa pribadi. Anda bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis dengan penilaian 4,7 dari 5 bintang.

6. iTranslate

Aplikasi terjemah selanjutnya yang cukup direkomendasikan, yaitu iTranslate. Aplikasi ini dirilis oleh Sonico Mobile dan mampu menerjemahkan hingga lebih dari 100 bahasa.

Selain dalam bentuk teks dan kata, aplikasi berukuran 33 MB di Play Store ini juga mendukung penerjemahan voice to voice. Anda juga bisa menerjemahkan suatu situs jejaring menggunakan produk aplikasi ini. Aplikasi ini sendiri bahkan sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di Google Play Store.

7. Dict.cc

Penerjemah multi bahasa lainnya yang bisa diandalkan yaitu Dict.cc. Penerjemah ini bisa menerjemahkan kata-kata tunggal hingga menerjemahkan teks ke dalam dua bahasa secara luring.

Selain ituaplikasi translate Inggris Indonesia ini juga mendukung pengucapan audio sehingga Anda bisa menerjemahkan bahasa dengan lebih mudah dan instan. Dict.cc ini sendiri bisa Anda download secara gratis dan bisa juga secara berbayar untuk fitur-fitur premiumnya. Namun jangan risau dengan ukurannya, karena aplikasi ini hanya berukuran 5,4 MB saja.

8. Naver Papago

Naver Papago bisa menjadi salah satu aplikasi translate yang juga bisa Anda coba. Aplikasi ini adalah besutan Naver, sebuah portal web yang amat populer di Korea Selatan.

Aplikasi ini mendukung aktivitas translasi ke dalam 13 bahasa dan dapat menerjemahkan kata-kata tunggal, kata-kata dalam bentuk teks, gambar, hingga audio secara real time. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dalam ukuran 28 MB di Google Play Store yang telah meraih 4,7 dari 5 bintang penilaian.

9. Dict Box

Kamus penerjemah selanjutnya yang cukup direkomendasikan yaitu adalah Dict Box. Aplikasi ini selain cukup lengkap dari segi bahasa juga telah didukung oleh fitur-fitur yang akan memudahkan penggunanya dalam aktivitas translasi.

Fitur-fitur tersebut seperti penerjemahan dalam bentuk teks, gambar, pengucapan audio, hasil tangkapan kamera langsung dari aplikasinya, hingga fitur pengoreksian kata yang akan membantu Anda dalam menghadapi masalah kesalahan penulisan kata dan grammar.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur latihan menghafal kosakata-kosakata dan sinkronisasi lintas perangkat. Akan tetapi, beberapa dari fitur-fitur tersebut masuk ke dalam fitur premium yang baru bisa Anda gunakan dengan berbayar.

10. Linguee

Aplikasi translate Inggris Indonesia selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Linguee. Aplikasi ini terbilang sudah cukup tua dan sudah hadir sejak tahun 2009. Anda bisa menerjemahkan lebih dari 25 bahasa dalam bentuk kata-kata tunggal maupun kalimat. Linguee juga bisa Anda andalkan dalam mode offline. Namun sayangnya, aplikasi ini sepertinya masih terbatas untuk diunduh melalui Play Store dari negara kita.

11. Innovative Apps

Penerjemah multi bahasa selanjutnya yang bisa Anda gunakan di ponsel Anda adalah Innovative Apps. Selain mampu melakukan translating, fitur-fitur di dalamnya juga bisa membantu Anda dalam melatih pengucapan, melakukan pencarian suara, sinonim dan antonim, hingga latihan penghafalan kata dalam bentuk permainan-permainan kata.

Ada pula fitur koreksi dan saran otomatis yang bisa Anda dapatkan dalam aplikasi ini. Innovative Apps ini bisa diperoleh secara gratis melalui Google Play Store di ponsel Android Anda.

12. TripLingo

Jika Anda malas mengetik kalimat atau teks untuk diterjemahkan, jangan ragu mengandalkan aplikasi TriLingo ini. Aplikasi translate Inggris Indonesia ini bisa digunakan oleh pelajar, profesional, maupun pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas perjalanan dan wisata mancanegara.

Terdapat fitur text to text di dalamnya serta ada pula fitur voice translator yang bisa mengatasi kemalasan Anda untuk mengetik kata dan kalimat yang ingin diterjemahkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *